Jumat, 06 Maret 2015

Road to n Back Jambore Nasional REPUBLIK BeAT INDONESIA 2015 - Ternate, Maluku Utara ETAPE 1 (Surabaya - Makassar)


Digoyang Ombak dan Biduan

Perkenankanlah untuk mengawali tulisan perjalanan ini, penulis mengucap kata Bismillah... karena sebagai seorang muslim kata tersebut adalah sebuah doa untuk mengawali semua aktifitas, terlebih catatan kali ini.


Dari doa itulah semuan langkah telah dimudahkan mulai dari prepare mengkondisikan semua rutinitas yang akan dihentikan untuk sementara waktu. Baik dalam urusan pekerjaan, aktifitas rumah sampai hal meninggalkan keluarga sejenak.

# Tips :
- Mintalah ijin dan restu dari orang tua juga kepada istri dan anak jika sudah berkeluarga, karena dari doa rumah itulah keselamatan awal kita dapat

Dalam mengawali perjalanan kali ini, penulis memulai dari ETAPE 1 yaitu perjalanan kapal dari Surabaya menuju kota singgah pertama Makassar.

Etape ini tentunya tidak mudah seperti yang dibayangkan kebanyakan. Karena susahnya mencari jadwal penyebrangan kapal yang tidak menentu dan perhitungan waktu.

Menghitung waktu mundur dari pelaksanaan Jambore Nasional REPUBLIK BeAT INDONESIA 2015 - Ternate, Maluku Utara yakni tanggal 13 - 15 maret. Maka penulis mulai merencanakan perjalanan pada tanggal 12 maret paling lambat harus sudah sampai lokasi. Berarti hitung mundur waktu 6 hari perjalanan terhitung mulai start dari kota Makassar. .

Dalam sisa masa cuaca yang masih terhitung belum kondusif, jadwal kapal dari PT. DHARMA LAUTAN tidak bisa menjadi patokan. Ada 2 faktor utama dalam penentuan jadwal psenyeberangan, yakni faktor cuaca dan muatan. Setiap hari harus update kabar untuk menanyakan kapan jadwal penyeberangan tersebut. Hitungan mundur tanggal 12 tersebut berarti penulis paling lambat harus mendapatkan jadwal penyeberangan sekitar tanggal 1 - 4 maret paling lambat. Dan benar adanya, kepastian jadwal penyeberangan mundur perlahan mulai dari tanggal 25 februari sampai positif berangkat pada tanggal 4 maret. Dan alhamdulillah kapal Dharma Kartika lll pun didapat.
# Tips :
- Rencanakan "Management Touring" dengan maksimal dan tepat hitungan

Loading kapal dimulai dari siang hari sampai waktu pemberangkatan di malam hari tepatnya pukul 20.00 wib. Ada sekitar muat 10 truk fuso, 5 mobil station dan belasan motor. Kapal ini tidak terlalu besar memang, tidak seperti kapal milik PT. Dharma Lautan lainnya seperti Kirana 9, Kirana 0 atau Kirana 2.


# Tips :
- Datang lebih awal dari jam yang telah ditentukan, mengingat loading kapal dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya
(suasana sunset di tengah laut lepas)


Karena kapal ini tidak seberapa besar, dan tidak terdapat pemecah ombak pada ujung kapl. Benar adanya pada malam setelah 3 jam lepas jangkar dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, kapal terasa benar goncangannya selama perjalanan.


Disini pengalaman menariknya ketika kita touring menggunakanjasa penyeberangan kapal yang melewati laut besar antara pulau Jawa dan Sulawesi.


Begitu dapat ombak besar, goncangan kapal bisa memusingkan kepala. Kapal bisa oleng dan goyang kanan kiri layaknya kita naik komedi putar. Kapal bisa goyang sampai 10 derajat ke kanan dan ke kiri secara berkelanjutan hingga perut terasa mual dan mulas. Siapa yang tidak tahan pasti akan Jackpot alias muntah.


# Tips :
- Minum obat anti pusing atau mabuk perjalanan, bisa juga aroma terapi minyak kayu putih
- Jangan berdiri atau duduk, usahakan rebahan tiduran dengan posisi mata terpejam
- Pergunakanlah waktu selama di kapal dengan baik atau bermanfaat, terutama untuk memaksimalkan istirahat

Tapi bro n sist gk perlu khawatir, begitu malam digoyang ombak, di pagi hari gantian kita digoyang oleh biduan elektone yang cantik untuk sedikit mengobati mual, hehehe.... Hiburan ini dimulai pukul 09.00 - 12.00, dan pukul 19.00 - 21.00 WITL (Waktu Indonesia Tengah Laut). Lumayan sedikit pelibur selama 42 jam lebih perjalanan kapal.

(aksi goyang biduan)

Boleh juga kita request lagu, malahan ada layanan request disamperin oleh penyaninya. Dan penulis pun kebagian jatah disamperin oleh satu penyanyinya. Hehehe... Gak boleh iri yahh...

(layanan request lagu disamperin)


Selain fasilitas hiburan, kapla ini memiliki fasilitas lain yang lumayan dibilang lengkap untuk kebutuhan penyeberangan antara lain ; Cafetaria, Pusat Informasi, Ruang Tidur berjamaah, Musholla, Tempat Berjemur Badan, KM/WC dan beberapa fasilitas pendukung lainnya.

# Tips :
- Jaga dan awasi selalu barang bawaan
- Hindari bersandar atau tidur di area yang berbahan kain, hambal atau busa, karena semua penumpang mengeluhkan dengan kebeeadaan kutu
- Bawalah minyak gosok anti gatal




(beberapa fasilitas pendukung kapal)



Namun untuk keperluan MCK, bro n sist harap memperhatikan jadwal air tersedia. Karena di luar jadwal tersebut air tidak keluar lancar.






(sesuaikan jadwal perut anda dengan jadwal diatas)





(ngopi pagi hari di anjungan kapal sambil corat coret tulisan)

Info harga :

- Tiket penumpang Rp. 280.000

- Tiket motor Rp. 525.000

- ACC pihak aparat (pungli) Rp. 20.000

(bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar